18 January 2008

Rakom

Ada yang tau atau pernah dengar istilah rakom ? Rakom adalah kependekan daripada Radio Komunikasi. Radio Komunikasi adalah perangkat radio yang digunakan untuk media komunikasi. Rakom ada beberapa jenis, tapi jenis yang aku beli adalah jenis yang paling banyak digunakan yaitu jenis 2m band. Jangan tanya ke aku apa itu arti 2m untuk sekarang hehehe, aku sendiri lagi cari tau kenapa digunakan istilah 2m an. Radio ini menggunakan frekuensi untuk membedakan kanal satu dengan yang lain. Yah .. mirip2 dengan radio yang biasa kita dengar, ada radio HARD ROCK FM, I-RADIO dll dimana untuk masing2 stasiun radio akan "manteng" di frekuensinya masing2. Hanya bedanya, untuk rakom satu frekuensi bisa digunakan banyak pesawat radio secara interaktif. Bagaimana cara menggunakannya ? yah .. ganti2an atuh, kalo bareng2 ngomong bisa saling nubruk. Malah ngga bisa saling ngobrol. Yah, memang ada etika sendiri jika kita ingin mempergunakan satu frekuensi. Saling menyapa dengan cara bergantian. Ini nih Rig (rig adalah istilah pesawat radio selain handy talky) yang aku beli :


ICOM IC2200H

Untuk informasi lain, tunggu ya .. aku juga masih belajar nih. Banyak ilmu yang bisa digali dari rakom.

1 comment:

Anonymous said...

Wah asik juga kayaknya pake rakom.
semoga sukses rakom nya.

btw, ada daftar frekuensi nggak yang rame & topik yang dibicarakan ? ..